Selasa, 23 September 2014

Curug Lawe


Banyak terdapat air terjun di sekitar Gunung Ungaran, salah satunya adalah Curug Lawe. Curug ini berada di sebelah utara anak-anak Gunung Ungaran dan menjadi hulu Kali Banjir Kanal Barat atau Kali Garang di kota Semarang. Dinamakan Curug Lawe karena konon jumlah air terjun yang ada, baik dari yang besar hingga yang terkecil berjumlah 25 buah (yang dalam bahasa jawanya Selawe).

Curug Lawe ini terletak di desa Kalisidi, Kabupaten Semarang. Perjalanan menuju ke Curug Lawe cukup mudah. Sambil menyusuri jalan Raya Gunungpati, kita bisa mencari petunjuk arah menuju ke Curug Lawe yang kemudian mengantarkan menuju Desa Kalisidi. Dari jalan raya, dibutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk mencapai pintu masuk air terjun. Di pintu masuk, kita hanya perlu membayar retribusi sebesar Rp 4.000/orang.

Jalur menuju curug cukup jauh, memakan waktu dari 1 – 1,5 jam perjalanan. Jalur yang dilewati pun bervariasi, mulai dari aliran sungai hingga menyeberang sungai. Jalan pertama yang kita lewati adalah jalan saluran air. Jalur ini cukup menyenangkan, karena kita bisa menikmati aliran air sungai dan pemandangan hijaunya hutan. Selain itu, kita juga bisa berfoto di jembatan kayu yang memiliki pemandangan yang sanga bagus. Sesampainya di bangunan tempat pengaturan debit air, kita akan masuk ke jalur kedua.

Setelah jalur aliran air, kita akan melewati jalan setapak. Akan ada petunjuk arah yang membantu kita dalam menyusuri jalan. Kemudian, nantinya akan ada jalan bercabang yang terbagi menjadi dua. Yang pertama menuju Curug Benowo, dan yang kedua menuju ke Curug Lawe. Kalian bisa memilih yang mana saja, entah itu curug benowo atau Curug Lawe. Kalau memilih curug benowo dulu, kita bisa langsung menuju ke curug lawe tanpa kembali ke jalur percabangan.


Pemandangan Curug Lawe sangat indah, disertai debit air jatuh yang cukup deras. Curug Lawe berada dalam tebing yang melingkar. Dibandingkan dengan Curug Benowo, pemandangan Curug Lawe lebih eksotik. Seakan-akan memberikan pesona pada pandangan Anda. Keindahan alam di sana setimpal dengan rasa lelah yang Anda dapatkan sewaktu berjalan kaki menuju curug tersebut.

Socializer Widget By Blogger Yard
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

0 komentar:

Posting Komentar