Selasa, 09 September 2014

Lumpia, Kudapan Khas Semarang



Ada begitu banyak penganan di Indonesia dan terdiri dari berbagai macam rasa serta bahan. Dari makanan ringan yang memanjakan lidah sampai penganan berat yang mengenyangkan perut, semua ada di Negara ini. Keanekaragaman kuliner Indonesia tidak habis dijelaskan dari A sampai Z, karena nyatanya, memang begitu banyak jenis makanan di Negara ini. Salah satunya adalah Lumpia atau dikenal dengan nama lainnya Lun pia.

Kebanyakan orang tentu sudah pernah mendengar nama penganan yang satu ini dan mengenalnya sebagai jajanan khas kota Semarang. Pengangan ini dibawa oleh pendatang dari Tiongkok dan diperkenalkan oleh keturunan tiong hoa bernama Tjow Thay Yoe. Makanan yang dibawa masuk ke Indonesia ini pertama kali diperkenalkan dalam sebuah ajang Olahraga. Pada pesta olahraga yang pertama kali digelar oleh Presiden Soekarno inilah lumpia pertama kali dijajakan. Dengan memanfaatkan keramaian di ajang Olahraga tersebut, Tjow Thay Yoe pun menjual kudapan tersebut.

Biasanya, Lumpia terdiri dari isian rebung serta kulit gandum tipis. Umumnya, isian lumpia selain rebung juga berisi sayuran, daging-dagingan, seafood, maupun telur. Namun, sekarang bisa ditemukan variasi makanan ini, yaitu lumpi basah di daerah bandung yang berisi irisan bengkuang yang dicampur dengan telur, tauge, dan bumbu lainnya. Bumbu Lumpia asli dari tiongkok tentu mengalami variasi di Indonesia. Di sini, cita rasa Lumpia telah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia.

Siapa yang suka dengan Lumpia goreng, datang saja ke Semarang. Ada sederetan penjual Lumpia di sekitar jalan pandanaran Semarang, yang menjadi pusat oleh-oleh kota Semarang.

Socializer Widget By Blogger Yard
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

0 komentar:

Posting Komentar