Kamis, 18 September 2014

Segar, Dingin, Nikmat, tapi Bisa Bikin Sakit Gigi!



Ada bermacam-macam es di Indonesia. Saya tidak mengatakan esnya adalah es batu. Kalau es batu, mah, kebanyakan sama. Tapi ini, olahan yang elemen intinya adalah es batu. Tanpa es batu, minuman-minuman ini rasanya jadi kurang nikmat. Ada banyak es di sini, tapi... yang akan dibahas hanya 3 es saja, yaitu es campur, es dawet, dan es rumput laut.


Siapa yang belum tahu ketiga es di atas? Kurasa semua sudah tahu. Dari ketiganya, yang satu-satunya paling beda adalah es dawet. Sedangkan es campur dan es rumput laut terbilang serupa tapi tak sama. Isian untuk es campur dan es rumput laut terbilang mirip seperti buah-buahan, tapi yang paling membedakan antara kedua es ini, kalau es campur tidak ada rumput lautnya, sedangkan es rumput laut ada raumput lautnya. (iyalah! PLAAAK).

Tapi, kuah santan pada es rumput laut terbilang sedikit encer dan lebih banyak dari pada es campur. Kalau biasa memesan es campur, pastinya esnya yang lebih banyak dari kuahnya. Kalau es rumput laut ini sebaliknya. Nah, untuk es dawet, jelas sangat berbeda dari kedua sepupu jauhnya ini. Dawet malah terdiri dari cendol, air santan, dan gula jawa, serta tape dan es. Sama sekali tidak ada buah. Dari ketiga minuman ini, mana yang kalian sukai? :D

Socializer Widget By Blogger Yard
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

0 komentar:

Posting Komentar