Rabu, 24 September 2014

Keindahan Dataran Tinggi Dieng

Keindahan dataran tinggi Dieng sudah dikenal oleh banyak orang, hingga dataran tersebut pun sering menuai pujian seperti negeri di atas awan atau pun surga tersembunyi. Suasananya yang sejuk dan dingin, dengan hamparan pohon serta perkebunan, membuat tanah tersebut elok dipandang. Ada beberapa tempat wisata di Dieng yang wajib dikunjungi, seperti telaga warna, bukit si kunir, Kawah Sikidang, maupun Candi Arjuna.

 

Telaga Warna, seperti namanya, telaga ini memiliki daya tarik pada bagian warnanya yang bisa berubah-ubah. Suatu ketika warnanya hijau, di lain waktu bisa menjadi kuning, pink, biru, dan warna-warna lainnya. Hal ini dikarenakan kandungan belerang yang cukup tinggi di dalam air telaga tersebut, sehingga saat tertimpa cahaya matahari, air di telaga warna akan terlihat berwarna-warni. Waktu terbaik untuk mengunjungi Telaga Warna adalah pagi hingga siang hari. Di sore hari, kabut kerap kali turun sehingga menghalangi pemandangan indah Telaga Warna. Telaga Warna berlokasi di Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.


Kemudian, ada lagi Bukit Si Kunir. Tempat ini merupakan tempat yang paling bagus untuk melihat sunrise. Para pendatang bisa trekking di jalan setapak berbatu untuk mencapai puncak bukti si kunir. Namun, untuk mencapai ke atas, sebaiknya waspada dan hati-hati. Selain udaranya yang dingin menggigit, yaitu antara 10 – 15 derajat celcius, di sisi kiri jalan terdapat jurang yang dalam. Disarankan, untuk memakai jasa pemandu saat pendakian. Namun, percayalah, usai sampai di puncak bukit dan melihat sunrise semua kelelahan dalam pendakian bisa terbayarkan.


Lalu ada juga Kawah Sikidang di mana ini merupakan kawah vulkanik yang masih aktif. Pengunjung harus hati-hati saat berjalan di sekitaran tanah tandus di sana karena terdapat lubang bekas kawah yang ada di mana-mana dan berisi air mendidih. Berbahaya sekali jika tanah seperti ini terinjak hingga membuat kita jatuh terperosok ke dalam sana. Dan di ujung kompleks, sebuah kolam besar dengan air yang bercampur lumpur abu-abu terus menggelegak dan mengepulkan asap putih. Sebuah pagar bambu dibangun untuk menjadi pengaman. Bau belerang tajam menyengat. Indah, namun berbahaya. Mungkin itulah ungkapan yang tepat untuk menggambarkan Kawah Sikidang.

Socializer Widget By Blogger Yard
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

0 komentar:

Posting Komentar